Senin, 28 Desember 2009

Etika Bisnis Pemasaran Starbukcs ..

STARBUCKS CORPORATION

PENDAHULUAN


Latar Belakang


Awalnya starbucks bukanlah café atau kedai kopi melainkan sebuah toko penjual biji kopi segar yang baru dipanggang baik dalam bentuk utuh maupun gilingan. Didirikan oleh Gerald Baldwin, Zev Sielg dan Gordon Bowker. Howard Schult adalah seorang yang begitu cinta pada pemasaran dan bisnis Starbucks, datang memasuki “KEHIDUPAN” starbucks, Datang dan berusaha meyakinkan para pemilik starbucks bahwa dia dapat membuat MUJIZAT pada sisi penjualan dan pemasaran. Setelah 12 bulan dia berhasil meyakinkan mereka. Schult pun bersedia menerima pemotongan gaji dan sitawari sebagai ganti gaji, sedikit saham dalam perusahaan.
Schult menemukan konsep kafe di italia, ada aspek ROMANTIS, Nyaman dan Komunall di café – café italia. Dimana para pelayan bercakap – cakap dengan pelanggan tetap sambil menyajikan kopi dengan cekatan. Dia segera memahami RITUAL tersbut dan menyadar bahwa minum kopi bukanlah hanya sekedar secangkir kopi, segalanya penting.
Pada tahun 1987, setelah mengumpulkan uang sebesar 3,8 juta dollar AS melalui sekelompok investor, dia membeli saham starbucks dari pemilik lama. Karena pemilik lama hanya mengabiskan uang untuk membeli toko kopi lainnya. Karena kini ia telah menjadi kapten kapal starbucks, schultz siap mengubah ulang bisnis tersebut.

Tujuan

Starbucks awalnya adalah sebuah toko penjual biji kopi segar yang baru dipanggang baik dalam bentuk utuh maupun gilingan. Didirikan oleh Gerald Baldwin, Zev Sielg dan Gordon Bowker. Pada dasarnya Starbucks Bertujuan Untuk:
1. Memahami tentang masalah lingkungan hidup dan berbagi informasi dengan mitra usaha,
2. Menciptakan solusi yang inovatif dan fleksible dalam menghadapi perubahan, bekerja keras untuk membeli, menjual dan menggunakan produk yang ramah lingkungan.
3. Memahami tanggung jawab itu sebagai hal yang penting untuk lingkungan hidup.
4. Menanamkan tanggung jawab lingkungan hidup sebagai nilai dasar perusahaan.
5. Mengukur dan memonitor kemajuan setiap proyek terhadap dampak kepada lingkungan hidup.
6. Mendorong seluruh mitra untuk ikut serta dalam memperjuangkan misinya.
7. Melakukan usaha yang bermanfaat untuk lingkungan dan saling menghargai & memuliakan sesama mahkluk.
8. Menjadikan keaneka ragaman atau perbedaan sebagai hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.
9. Menetapkan standar yang tinggi dalam pembelian, proses produksi dan pengiriman produknya.
10. Meningkatkan kepuasan pelanggan
11. Memberikan kontribusi yang positif untuk masyarakat dan lingkungan hidup.
12. Menetapkan bahwa keuntungan bagi masyarakat dan lingkungan itu sebagai hal yang penting bagi keberhasilan di masa yang akan datang.
Starbucks melakukan tujuannya tersebut dengan cara mengembangkan strategi ekspansi yang bertarget kawasan yang baik tidak hanya memiliki profil demografis tetapi juga yang dapat dilayani dan didukung oleh infrastruktur operasional perusahaan.

Ruang Lingkup

Starbucks adalah salah satu perusahaan frechise yang bergerak dalam bidang penjualan biji kopi dan minuman kopi. Perusahaan ini sudah beroperasi selama 38 tahun sejak 1971 sampai sekarang. Dalam melakukan bisnis perusahaan ini sudah banyak merasakan berbagai hambatan yang memberikan dampak positif untuk dapat menghadapi tantangan ini agar dapat lebih maju untuk masa akan datang.
Starbucks tumbuh dengan sangat cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks banyak membuka kedai baru. Pertumbuhan ini terus berlanjut sampai tahun 2000-an. Pada akhir Maret 2008, Starbucks telah memiliki 16.226 kedai, 11.434 diantara berada di Amerika Serikat dan Duapuluh sembilan persen keda berada di luar Amerika.
Starbucks Company adalah perusahaan yang paling dikenal di seluruh bumi dan banyak lagi yang lain akan mengetahui namanya segera. Dengan fasilitas perusahaan yang baru itu akan membooming di seluruh penjuru dunia, seperti Starbucks Coffee International di Paris dan Starbucks Coffee Agronomy Company di San Jose, Costa Rica, itu telah menjadi suatu kekuatan yang sangat kuat di ekonomi yang global ini.



SEJARAH PERUSAHAAN

Starbucks yang asli didirikan di Seattle, Washington, di tahun 1971 dengan tiga mitra: guru Inggris Jerry Baldwin, guru Sejarah Zev Siegel, dan Penulis Gordon Bowker. Mereka bertiga diilhami oleh Peet Alfred, ia adalah campuran Dutch-American usahawan dan pendiri dari Peet's Coffee & Tea. Ia orang yang paling terkenal untuk memperkenalkan kebiasaan memanggang kopi kepada Amerika Serikat. Mereka mengenal secara pribadi, lalu membuka toko yang pertama mereka di Pike Place Market, tempat untuk menjual kopi dengan kualitas yang tinggi dan peralatannya. Starbucks yang asli berlokasi di 2000 Western Avenue dari tahun 1971-1976. Toko itu kemudian berpindah ke 1912 Pike Place; dan masih tetap buka. Selama tahun pertama mereka dari operasi, mereka membeli biji kopi yang hijau dari Peet'S, kemudian mulai membeli secara langsung dari penanam.

Entrepreneur Howards Schultz bergabung kedalam perusahaan pada tahun 1982, dan setelah perjalannya dari Milan, ia menyarankan perusahaan untuk menjual minuman Coffee dan Espresso seperti halnya mereka menjual biji kopi. Pemilik menolak ide tersebut, mereka percaya bahwa memasuki bisnis minuman akan mengacaukan perusahaan dari tujuan utamanya, yaitu hanya menjual biji kopi yang berkualiatas saja. Bagi mereka, kopi adalah sesuatu yang seharusnya untuk disiapkan dirumah. Mengetahui bahwa banyak uang yang bisa dibuat dari menjual Coffee yang sudah jadi di Amerika, Schultz memulai Il Giornale coffee bar chain di tahun 1985.

Di tahun 1984, para pemimpin Starbucks yang asli, yang dipimpin oleh Baldwin, mengambil kesempatan untuk membeli (Baldwin masih bekaerja disana sampai sekarang). Di tahun 1987, mereka menjual Starbucks chain ke Schultz's Il Giornale, yang menggantikan merk Il Giornale outlets menjadi Starbucks dan dengan cepat mulai untuk memperluas. Starbucks membuka lokasi pertama diluar kota Seattle yaitu Waterfront Station di Vancouver, British Columbia, Canada and Chicago, Illinois, United States ditahun yang sama. Diwaktu penawaran public pertamanya di bursa saham pada tahun 1992, Starbucks telah tumbuh menjadi 165 outlets di dunia.
Starbucks pertama yang berada diluar Amerika Utara adalah di Tokyo yang dibuka tahun 1996. Starbucks masuk ke pasar U.K. pada tahun 1998 dengan pengadaan sebanyak 60-outlet, U.K. merupakan markas dari Seattle Coffee Company, dan semuanya berubah nama/brand menjadi Starbucks. Di bulan November 2005, London memiliki lebih banyak outlet daripada Manhattan, suatu tanda bahwa Starbucks menjadi merk Internasional.


KONDISI PERUSAHAAN SAAT INI
Starbucks Corporation adalah sebuah jaringan kedai kopi dari Amerika Serikat yang bermarkas di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, sejak pertama kali dibuka di Seattle, Starbucks tumbuh dengan sangat cepat. Pada tahun 1990-an, Starbucks banyak membuka kedai baru. Pertumbuhan ini terus berlanjut sampai tahun 2000-an. Pada akhir Maret 2008, Starbucks telah memiliki 16.226 kedai, 11.434 diantara berada di Amerika Serikat dan Duapuluh sembilan persen kedai Starbucks kini berada di luar Amerika Serikat. Starbucks kini dapat ditemukan hamper di seluruh Asia, Eropa, Amerika Latin, dan Timur Tengah
Starbucks menjual kopi, minuman panas berbasis espresso, minuman dingin dan panas lainnya, makanan ringan, serta cangkir dan biji kopi. Melalui divisi Starbucks Entertainment dengan merek Hear Music, perusahaan ini juga memasarkan buku, musik, dan film.
Strategi menghadapi krisis ekonomi global.Starbucks, sudah mempunyai rencana dalam tiga tahun ke depan untuk menghadirkan minuman baru dan pertumbuhan laba yang meningkat, akibat ekspansi besar-besaran. Langkah startegis tersebut didasari kenyataan yang tidak sesuai harapan. Perusahaan mengatakan, pendapatan pada kuartal kedua menurun 28 persen, karena penggemar latte di Amerika menurun seiring dengan kenaikan harga pangan dan gas.
Krisis ekonomi AS telah memukul penjualan kopi di Starbucks dan penurunan penjualan ini diperkirakan masih akan terjadi pada tahun depan.Starbuck melaporkan bahwa krisis ekonomi telah membuat jumlah pelanggan turun, sehingga omset penjualan Starbuck juga turun. Starbucks sendiri semakin terdesak karena harus bersaing sengit dengan restoran cepat saji seperti McDonald’s dan Dunkin Donuts, yang juga menyediakan kopi dan makanan lain seperi yang dijual Starbuck
Oleh karena itu Starbucks berencana membuka 700 gerai baru pada Desember di luar negeri dan menutup 20 gerai di Amerika Serikat. Ini merupakan salah satu strategi yang ditempuh untk mengatasi krisis ekonomi yg sedang tejadi.
Starbucks Corp untuk menangkis imbas krisis ekonomi dan mempertahankan pangsa pasarnya. Salah satunya, memancing pelanggan di pagi dan sore hari sekaligus.
Setelah menyatakan akan menutup ratusan gerainya, kedai kopi ini akan menawarkan paket murah minum ngopi di sore hari. Strategi ini dilakukan bukan untuk mengobral produknya, namun untuk mendongkrak angka penjualannya. Seperti diketahui produsen minuman kopi ini akan menutup 600 gerainya dan memangkas setidaknya 12 ribu karyawan. Tidak hanya pada unit bisnisnya yang berada di Amerika Serikat saja, 61 dari 84 gerainya di Negeri Kanguru alias Australia juga ditutup. Akibatnya, sekira 700 karyawan akan dirumahkan.
Goncangan ini merupakan imbas hentakan resesi ekonomi Negeri Paman Sam yang mengakibatkan merosotnya daya beli masyarakat. Kekacauan ekonomi ini diperparah dengan harga minyak mentah dunia yang menggila dan banyaknya pengangguran akibat banyak perusahaan yang gulung tikar.
Sadar akan kondisi yang tidak menguntungkan ini, manajemen Starbucks langsung melakukan berbagai promosi. Salah satunya paket ngopi sore.
Dalam membidik pelanggan, Starbucks cukup cerdik. Dia tidak hanya menggaet pelanggan di sore hari. Namun, juga pelanggan di pagi hari. Caranya, Starbuck memberikan potongan harga bagi pelanggan yang menunjukan kuitansi pembelian di pagi hari. Dengan demikian, perusahaan kopi kelas dunia ini mampu mengeruk pembeli dua kali lipat.
Bagi pelanggan yang menunjukan kuitansi, maka mereka hanya mengocek dana USD2 per cangkir kopi. Hanya dengan mengeluarkan uang yang cukup murah untuk ukuran di Amerika, pelanggan disuguhkan kopi jenis grande atau minuman ukuran medium. Para penggemar kopi ini bisa mulai ngopi murah pukul 14.00 waktu setempat.
Starbucks Corporation adalah sebuah jaringan kedai kopi dari Amerika Serikat yang bermarkas di Seattle, Washington. Starbucks adalah perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, dengan 15.012 kedai di 44 negara. Starbucks menjual kopi, minuman panas berbasis espresso, minuman dingin dan panas lainnya, makanan ringan.
PROFIL DAN FILOSOFI PERUSAHAAN
Visi :
Menjadikan starbucks sebagai brand yang paling diakui dan dihargai di seluruh dunia
Misi :
Untuk memberi inspirasi dan semangat¬ — satu orang, secangkir kopi, dan satu lingkungan pada suatu waktu.
Starbucks berkomitmen untuk berperan sebagai pemimpin dalam memperjuangkan lingkungan hidup disetiap lini kegiatan perusahaan.
Komponen misi
• Produk yang ramah lingkungan
• Kepuasan pelanggan
• Kepedualian yang tinggi terhadap masyarakat sekitar dan kelestarian lingkunganhidup
• Menciptakan solusi yang inovatif dan fleksible dalam menghadapi perubahan
• Menjunjung tinggi etika ,Starbucks yakin bahwa malakukan bisnis secara ber- etika dan berusaha melakukan hal yang benar adalah suatu hal yang vital bagi kesuksesan perusahaan.

referensi..
http://princes-tale.blogspot.com/2009/06/starbucks-corporation.html

1 komentar: